Sabtu, 10 November 2012

10 Lagu Terbaik Karya Guns N Roses!



Sejak muncul pertama kali pada pertengahan 1980, Guns N Roses melesat menjadi band heavy metal terbaik dunia. Sejumlah single telah mereka edarkan di seluruh dunia. Gaya panggung personel Guns N Roses seperti Axl Rose dan Slash pun menjadi inspirasi bagi para musisi muda dunia.

Kehebatan Guns N Roses sedikit demi sedikit mulai luntur setelah beberapa personel terbaik mereka hengkang satu per satu. Saat ini Guns N Roses hanya menyisakan satu ikon, yakni Axl Rose. Dengan bantuan para personel baru, Axl tetap berusaha mempertahankan nama besar Guns N Roses. Berhasilkah? Tentu Anda punya jawaban sendiri atas pertanyaan tersebut.

Jelang konser Guns N Roses untuk pertama kalinya di Indonesia pada 15 Desember di Jakarta, Kami telah menyiapkan daftar 10 lagu terbaik yang pernah mereka rilis. Apa saja lagu-lagu legendaris itu? Simak di halaman berikut ini.

1. Nightrain

Lagu ini diciptakan secara keroyokan oleh para personel Guns N Roses, Axl Rose, Duff McKagan, Slash, Izzy Stradlin, Steven Adler. Direkam pada tahun 1987, Nightrain dirilis pada bulan Juli 1989 pada album APPETITE FOR DESTRUCTION.

Lagu ini sudah terasa bobotnya sejak Slahs dan Izzy Stradlin saling pamer aksi skill gitar di bagian intro. Intro itu sangat khas, sangat identik dengan Guns N Roses. Slash sendiri mengaku ini adalah salah satu laguGuns N Roses yang paling bagus. Simak video konser Nightrain pada sebuah konser Guns N Roses pada 1988 untuk menyegarkan ingatan Anda.

2. Civil War

Axl Roses memang identik dengan siulan. Kebiasaan itu ia lakukan di lagu Civil War. Selain memiliki tempo yang sangat menarik, lagu ini mengandung lirik yang tak biasa. Solo gitar di beberapa bagian lagu ini makin menunjukkan karakter hebat Slash, salah satu gitaris terhebat di muka bumi.

3. Used to Love Her

Lagu ini memiliki kekuatan lebih pada sisi akustik yang catchy. Selain itu, lirik yang kontroversial membuat lagu ini makin dikenang oleh penggemar Guns N Roses. Lagu ini bercerita tentang seorang pria yang jatuh cinta pada seorang wanita. Saking besarnya rasa cinta, pria ini justru ingin membunuh sang wanita. Simak lagu yang merupakan salah satu komposisi album LIES.

4. Don't Cry

Don't Cry merupakan salah satu lagu yang sangat membentuk karakter Guns N Roses di mata penggemarnya. Lagu ini seolah menjadi media bagi Axl untuk memamerkan gaya dan teknik vokalnya. Bahkan suara menggantung Axl di ujung lagu sempat menjadi tren di kalangan penggemarnya, termasuk di Indonesia.

5. Estranged

Ini adalah sebuah lagu yang sangat epik! Mungkin hanya Guns N Roses yang mampu menciptakan lagu sekelas ini.Estranged semakin mempunyai kesan yang positif setelah Guns N Roses merilis video klip yang tak kalah menarik dan sangat mendukung kualitas lagu itu sendiri. Lagu ini memiliki tempo yang unik, naik turun namun tidak membosankan. Seluruh personel Guns N Roses tampaknya harus bekerja keras tiap memainkannya mengingat lagu ini sangat padat dan panjang.

6. Paradise City

Mendengarkan lagu Paradise City dijamin bakal mampu membuat semangat berapi-api. Lagu karya Slash, Duff McKagan, Izzy Stradlin, Steven Adler dan Axl Rose ini memang memiliki kekuatan tersendiri. Seperti musiknya, lirik di lagu ini juga sangat mendukung. Axl dan kawan-kawan menceritakan sebuah kota yang seindah surga. Rumput hijau terhampar dan gadis-gadis cantik bertebaran.

7. November Rain

November Rain adalah karya Guns N Roses yang paling epik, kaya, megah, mewah, bertenaga dan sebagainya. Lagu ciptaan Axl Rose ini memiliki kenangan tersendiri, khususnya bagi Slash. Solo gitar Slash di lagu ini dianggap sebagai The 100 Greatest Guitar Solos oleh Guitar World. Lagu ini juga berada di peringkat sembilan sebagai lagu terbaik sepanjang masa versi Richter scale. Selain itu, masih banyak lagi prestasi yang diraih Guns N Roses lewat November Rain. Video klip November Rain pasti juga memiliki kenangan tersendiri bagi penggemar musik rock era 90-an. Adegan Slash melakukan solo gitar di depan gereja jelas tak mungkin dilupakan. Begitu pula ketika Slash naik ke atas piano Axl dan melakukan aksi solo gitar diiringi adegan pemakaman bintang wanita di video klip ini.

8. Welcome to the Jungle

"You know where you are? You're down in the jungle baby, you're gonna dieee."

Seperti judulnya, lagu ini seolah menggiring pendengarnya menuju ke sebuah hutan rimba yang gelap. Peran Slash dan Izzy sangat dominan di lagu ini. Paduan suara khas Axl membuat karakter lagu ini semakin kuat. Apalagi ada desahan khas Axl di tengah-tengah lagu.

9. Patience

Lagu dengan nuansa ballad ini sepertinya menjadi lagu dari Guns n roses dengan tingkat kerumitan paling rendah yang pernah mereka gubah. Siulan sebagai pembuka lagu seperti langsung menyentuh pusat syaraf saat mendengarkan lagu bertajuk Patience ini. Siulan di lagu sangat populer, bahkan beberapa fans Guns N Roses menggunakannya sebagai ringtone telepon seluler.

10. Sweer Child O Mine

KapanLagi.com - Riff yang berputar-putar dari Slash nampaknya sudah menjadi harga mati dari setiap pembukaan lagu-lagu Guns n Roses, termasuk dalam lagu yang satu ini. Lagu ini adalah lagu yang berhasil membuat ibu-ibu dan para gadis juga menggemari Guns n Roses. Mengapa demikian? Karena lagu ini menunjukkan sisi lembut dari band rock paling berbahaya ini. Lagu ini tak hanya pantas masuk dalam jajaran 10 lagu terbaik Guns n Roses, tapi juga termasuk salah satu dari lagu rock terbaik yang pernah direkam.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More